+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Rabu, 20 Februari 2013

Wayang Beber (Wayang Terpanjang Di Dunia)

18.37

Share it Please
Satu lagi kekayaan budaya Kabupaten Pacitan mendapat pengakuan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Wayang beber sepanjang 82 meter dan lebar 110 sentimeter dinyatakan memecahkan rekor dunia sekaligus menumbangkan rekor yang sama milik DI Yogyakarta sepanjang 49 meter lebar 90 sentimeter.Manajer MURI, Sri Widayati usai menyerahkan sertifikat penghargaan di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (14/7) mengatakan, selain ukurannya yang relatif panjang, penganugerahan juga diberikan karena nilai sejarah karya seni tersebut. Wayang beber, lanjut perempuan yang sudah beberapa kali ke Bumi Kelahitan SBY, merupakan peninggalan sejarah yang hampir punah. 
Atas inisiatif anggota DPR RI Edhie Bhaskoro Yudhoyono didukung Bupati Indartato dan Pemerintah Kabupaten Pacitan sebagai penyelenggara, replika dari maha karya zaman Majapahit tersebut berhasil diselesaikan. Pengerjaannya sendiri membutuhkan waktu 20 hari dengan melibatkan 7 seniman dari Sanggar Lung, Pacitan.
Untuk diketahui, Wayang Beber merupakan lukisan berangkai dengan urutan cerita di dalamnya. Pementasannya dilakukan dengan cara dibeberkan. Sedangkan sang dalang bertutur dari balik gulungan layer sebanyak 24 adegan.
Wayang beber Pacitan yang merupakan peninggalan masa kejayaan Prabu Brawijaya menceritakan tentang kisah cinta Dewi Sekartaji dan Panji Jaka Kembang Kuning. Fiksi romantika tersebut pada dahulu kala hanya dipentaskan

0 comments:

Posting Komentar