+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Rabu, 20 Februari 2013

Potensi Batu Akik Pacitan

19.03

Share it Please

Potensi daerah Pacitan adalah Kerajinan batu akik yang terpusat di kawasan Donorojo, sedikit banyak telah menyumbang pendapatan asli daerah dengan  nilai penting bagi Pacitan. Mengingat, daerah Pacitan kaya dengan aneka bebatuan yang tidak hanya elok dipandang dalam bentuknya sebagai obyek wisata–kars, misalnya tetapi juga untuk diolah sebagai cinderamata bernilai seni. Oleh karena itu, apabila Anda menjejakkan kaki di Pacitan untuk berbagai tujuan, seperti perjalanan dinas atau rekreasi, kiranya kurang lengkap jika tidak membeli souvenir batu akik untuk dipakai sendiri maupun sebagai oleh-oleh. Di Desa Sukodono dan Gendaran, keduanya di Kecamatan Donorojo, bisa dijumpai sederetan perajin memajang pelbagai hasil kerajinan batu akik: batu mulia, kecubung, asihan, yaman serat mas, akik srowot, nogosuwi, dan lain-lain.
Ketika berkunjung ke Pacitan di desa Widoro, Kecamatan Pacitan, banyak pemuda pengrajin batu akik. Mereka kreatif membuat batu akik di hiasi emas dan perak. pengikat atau tatakan. ‘’Dengan batu mulia, dihiasi emas dan perak akan terlihat cantik dan banyak disukai para pembeli,’’ ujar Agung.  Ia setia dengan batu mulia jenis tersebut memiliki ciri khas yang unik, sehingga hasil olah kreativitas pada setiap biji batu juga akan sangat memengaruhi harga jualnya.
Agung berharap mengolah batu akik, ini bisa mengilhami pemberdayaan pemuda di daerahnya. Oleh karena itu, diperlukan perhatian pemerintah daerah kepada para perajin batu akik dengan, misalnya, memberikan berbagai pelatihan untuk mengembangkan kreasi produk kerajinan.

0 comments:

Posting Komentar