+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Rabu, 20 Februari 2013

Peninggalan Purba di Pacitan

19.08

Share it Please
 
Budaya Pacitan juga dikenal dengan nama tradisi kapak perimbas. Hasil budaya Pacitan dianggap sebagai alat budaya batu yang paling awal di Indonesia. Corak alat-alat tersebut masih kasar dan sederhana dalam teknik pembuatannya. Pakar yang melakukan penelitian di Pacitan adalah von Koenigswald.

Daerah persebaran kapak perimbas terutama terdapat di tempat-tempat yang banyak mengandung batuan yang cocok digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat dari batu. Tempat-tempat penemuan tradisi kapak perimbas antara lain:
1. Punung, Pacitan, Jawa Timur (tempat penemuan yang terpenting)
2. Lahat, Sumatera Selatan
3. Awangbangkal, Kalimantan Selatan
4. Cabbenge, Sulawesi Selatan.

Pacitan merupakan tempat yang paling kaya dan menduduki tempat terpenting dalam penemuan alat-alat jenis paleolitik. Lebih dari dua ribu alat telah ditemukan pada zaman paleolitik. Menurut Movius, ciri-ciri kapak perimbas adalah sebagai berikut:
1. berbentuk besar
2. masif dan kasar buatannya
3. kulit batunya masih melekat pada permukaan alat.

Alat-alat dalam budaya Pacitan teknik pembuatannya menggunakan teknik perbenturan batu-batu dan penggunaan pecahan-pecahannya yang cocok untuk mempersiapkan jenis-jenis alat yang dikehendaki.

Budaya Pacitan diduga merupakan hasil karya dari manusia purba Pithecanthropus dan keturunannya. Pada hakikatnya, berbagai alat budaya Pacitan di atas tergolong dalam dua macam tradisi alat batu, yaitu tradisi batu inti dan tradisi batu serpih.


Contoh alat-alat budaya Pacitan adalah sebagai berikut:
1. Kapak perimbas, yaitu tajaman yang berbentuk konveks (cembung) atau kadang-kadang lurus diperoleh melalui pemangkasan pada salah satu sisi pinggiran batu sehingga kulit batu masih melekat pada sebagian besar permukaan batunya.
2. Kapak penetak (chopper), yaitu sebuah alat yang dipersiapkan dari segumpal batu yang tajamannya dibentuk liku-liku melalui penyerpihan yang dilakukan selang-seling pada kedua sisi pinggiran.
3. Pahat genggam, yaitu sebuah alat yang bentuknya hampir sama dengan bujur sangkar atau persegi empat panjang yang tajamannya disiapkan melalui penyerpihan terjal pada permukaan atas menuju pinggiran batu.
4. Kapak genggam awal, yaitu sebuah alat dari batu yang berbentuk meruncing. Teknik pemangkasan alat ini dilakukan pada satu permukaan batu untuk mendapatkan tajaman.

1 comments:

  1. The new $20M Wynn Hotel in Las Vegas, Nevada - KTM
    Wynn 충청북도 출장샵 Resorts, Inc. 목포 출장안마 (NASDAQ: WYNN) 충청북도 출장안마 ("WYNN") today announced 계룡 출장샵 the completion of a $20 million 창원 출장안마 expansion project at Wynn Las Vegas.

    BalasHapus